Article

4 Tingkat Pencari Kerja Berdasar Kualitas Curriculum Vitae


Curriculum vitae adalah media komunikasi resmi paling awal antara pihak perusahaan dengan pencari kerja, baik yang sudah berpengalaman kerja maupun fresh graduate. Mungkin hanya perusahaan tradisional atau perusahaan keluarga yang tidak membutuhkan curriculum vitae dari calon karyawannya, itu pun sudah sangat jarang mengingat perusahaan keluarga pun sekarang sudah menjalankan manajemennya secara profesional.

Sebagai media komunikasi awal tentu saja curriculum vitae mewakili karakter pemiliknya. Seperti apa kualitas curriculum vitae akan dianggap sebagai kualitas pemiliknya oleh pihak perusahaan yang diwakili petugas perekrutan (biasanya dari departemen Sumber Daya Manusia). Karena itu sangat disayangkan bila ada pencari kerja yang memiliki banyak keunggulan enggan memperbaiki  kualitas curriculum vitae-nya. Dia akan dikalahkan oleh pencari kerja dengan kualitas keunggulan yang lebih rendah namun memiliki kualitas curriculum vitae lebih tinggi.

Setinggi apapun kualitas Anda, secanggih apapun kemampuan Anda, sebanyak apapun pengalaman kerja Anda, tidak ada gunanya bila Anda gagal menyampaikannya kepada petugas perekrutan dalam curriculum vitae. Anda harus secara maksimal menggunakan curriculum vitae untuk meyakinkan petugas perekrutan bahwa Anda adalah calon karyawan terbaik yang sangat layak untuk mendapatkan kesempatan mengikuti tahap perekrutan berikutnya.

Berdasarkan kualitas curriculum vitae, ada beberapa tingkat kualitas calon karyawan.

Berikut ini tingkat kualitas calon karyawan berdasar kualitas curriculum vitae:
Jasa Penulisan Curriculum Vitae


1.Diabaikan

Ini adalah tingkat yang terendah. Pada tingkat ini kualitas curriculum vitae sangat rendah. Tidak menarik, tata bahasanya kacau, banyak kesalahan tulis, data tidak efektif. Ada yang datanya terlalu minim, ada pula yang datanya terlalu banyak. Curriculum vitae seperti ini secara design tidak menarik, tata letaknya tidak nyaman dibaca, isinya tidak jelas.
Yang memprihatinkan, curriculum vitae jenis ini banyak sekali masuk ke meja atau inbox petugas perekrutan.
Ada beberapa kemungkinan penyebabnya:
a.  Pemilik curriculum vitae ini tidak tahu bagaimana membuat yang berkualitas
b.  Pemilik curriculum vitae tidak mampu membuat yang berkualitas
c.   Pemilik curriculum vitae tidak mau berubah untuk membuat yang lebih baik.
Untuk penyebab a dan b, pemiliknya kemungkinan besar memiliki kualitas yang lebih baik sebagai calon karyawan. Mereka tinggal sedikit berusaha dengan belajar membuat curriculum vitae yang terbaik. Atau mereka bisa menggunakan jasa pembuatan curriculum vitae. Kami siap membantu Anda yang memiliki curriculum vitae jenis 1a dan 1b untuk meningkatkan kualitasnya
Sedangkan untuk penyebab c, mereka adalah para pencari kerja yang memang tidak berkualitas, memang tidak layak mendapatkan pekerjaan yang terbaik

2.Diperhatikan

Pada tingkat ini kualitas curriculum vitae sudah lebih tinggi. Penampilannya menarik. Designnya bagus. Curriculum vitae jenis ini sudah nyaman dibaca.
Setiap hari petugas perekrutan harus menghadapi banyak, mungkin ratusan, lamaran yang masuk. Ada yang masih masih dalam bentuk kertas tercetak, ada yang dalam bentuk file yang dikirim melalui email. Sebagian besar curriculum vitae yang diterima penampilannya kaku dan tidak menarik. Maka sangat wajar dan manusiawi bila petugas perekrutan lebih tertarik pada curriculum vitae yang menggunakan desain yang bagus dan nyaman dibaca. Curriculum vitae dengan desain yang bagus juga merupakan hiburan bagi petugas perekrutan. Diakui atau tidak, suasana hati petugas perekrutan sedikit banyak akan mempengaruhi keputusannya memilih curriculum vitae yang layak masuk dalam daftar untuk mengikuti proses selanjutnya.
Tapi…, bukan hanya desain bagus yang membuat sebuah curriculum vitae layak dipertimbangkan untuk mengikuti proses selanjutnya. Isi atau konten dari curriculum vitae juga sangat berpengaruh. Karena itulah curriculum vitae jenis ini, yang hanya bagus desainnya, tidak cukup berkualitas mewakili calon karyawan yang layak untuk dipertimbangkan.
Banyak sekali yang menawarkan jasa desain curriculum vitae, yang hanya membuat curriculum vitae Anda diperhatikan, tapi tidak dipertimbangkan apalagi dipilih.

3.Dipertimbangkan

Curriculum vitae pada tingkat ini tidak hanya mengandalkan desain, tapi juga memiliki isi yang berkualitas. Pemiliknya memiliki banyak keunggulan yang sangat patut dipertimbangkan.  Baik yang memiliki pengalaman kerja maupun fresh graduate yang baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja resmi. Meskipun fresh graduate mereka memiliki banyak keunggulan lain seperti keterampilan, pengalaman organisasi, dan aktivitas lain. Mereka mengenali potensi diri, memahami  kompetensi diri yang harus ditawarkan kepada perusahaan.
Namun curriculum vitae jenis ini bukanlah yang terbaik, masih bisa ditingkatkan kualitasnya. Meskipun sudah memiliki penampilan yang menarik, dengan isi yang penuh selling point, curriculum vitae ini masih kurang efektif menggunakan data, gaya bahasanya kurang bagus, sehingga masih kurang nyaman dibaca dan membingungkan. Petugas perekrutan akan meminta pemiliknya untuk memperbaiki curriculum vitae ini agar mereka bisa memiliki alasan lebih kuat untuk memutuskan memilihnya.
Pemilik curriculum vitae jenis seperti ini yang paling sering kami bantu. Kami sangat bersimpati kepada mereka, yang memiliki kualitas tinggi namun perlu bantuan agar memiliki curriculum viate dengan kualitas yang sesuai sehingga tidak dikalahkan oleh orang yang kualitasnya lebih rendah namun memiliki curriculum vitae yang lebih baik.

4.Dipilih

Inilah curriculum vitae yang terbaik. Curriculum vitae dengan  desain yang menarik, nyaman dibaca, berisi penuh selling point yang efektif sesuai  kebutuhkan perusahaan. Petugas perekrutan akan mudah  menemukan apa yang mereka cari dalam curriculum vitae ini
Pemiliknya adalah calon karyawan yang paling layak mendapatkan kesempatan mengikuti proses perekrutan berikutnya. Mereka  memiliki komitmen yang tinggi, yang terbukti mau berusaha maksimal mengirimkan curriculum vitae yang terbaik. Mereka memang selalu berusaha memberikan yang terbaik.
Curriculum vitae pada tingkat inilah yang dimiliki oleh semua klien kami.

Komitmen kami adalah membantu para pencari kerja yang memiliki kualitas tinggi dengan membuatkan curriculum vitae terbaik sesuai kualitasnya, sehingga tidak dikalahkan oleh orang yang memiliki kualitas lebih rendah namun memiliki curriculum vitae lebih tinggi.

Silakan hubungi kami melalui WA atau email.


Jasa Pembuatan Curriculum Vitae