Article

Selamat...Curriculum Vitae Anda Ditolak dan Dikembalikan



Sore itu saya menerima telepon dari nomor luar Indonesia. Ternyata seorang diaspora yang bekerja di Malaysia. Dia minta tolong dibantu memperbaiki Curriculum Vitae-nya yang ditolak oleh agen perekrutan internasional.

Dia sudah lebih dari 15 tahun bekerja di beberapa perusahaan di luar Indonesia, selling point yang tinggi dalam sebuah curriculum vitae. Saat dia menceritakan masalahnya, saya sudah menebak dalam hati bahwa penyebab CV-nya ditolak pasti karena terlalu panjang, berlembar-lembar, dengan penataan yang kurang komunikatif. Dan tebakan saya benar.

CV milik dia ada sebelas halaman. Saya butuh waktu hampir setengah jam untuk mempelajari keseluruhannya. Dan...petugas penyeleksi atau perekrut tidak punya waktu sebanyak itu untuk membaca satu CV.

Pernahkah CV Anda ditolak dan dikembalikan?

Selamat...Itu tandanya Anda sudah 50% berhasil.

“Lho...kok...? Bukannya itu tanda penolakan?”

Ya benar, CV Anda yang ditolak, tapi bukan Anda yang ditolak. Tanda penolakan lamaran itu, di sebagian perusahaan, dalam bentuk surat yang menyatakan bahwa Anda belum bisa diterima sebagai karyawan. Perusahaan lainnya tidak mengirimi apa-apa, yang berarti mereka hanya mengarsip CV Anda dan tidak (atau belum) berencana memprosesnya lebih lanjut.

Bila perusahaan mengembalikan CV Anda, itu tanda keras bahwa mereka tertarik kepada Anda, ingin memproses CV lebih lanjut pada tahap rekrutmen berikutnya. Curriculum Vitae Anda dikembalikan karena :
-         Mereka mengalami kesulitan untuk mempelajarinya lebih dalam
-         Mereka butuh curriculum vitae Anda yang lebih powerful karena akan diajukan kepada atasan atau pihak-pihak lain dalam perusahaan yang lebih berwenang memilih kandidat karyawan.

Jadi, curriculum vitae yang dikembalikan itu mengisyaratkan kesuksesan Anda tinggal beberapa langkah lagi. Anda diberi kesempatan lagi untuk melamar menggunakan CV yang lebih baik. Berbahagialah.

Berikutnya Anda harus berusaha keras memperbaiki CV. Anda jangan melakukan kesalahan yang kedua kalinya, kesempatan kedua ini jangan disia-siakan.

Kembali pada kasus yang saya sampaikan di atas, saya sangat sering menghadapi seperti itu, CV yang dikembalikan karena terlalu panjang berlembar-lembar. Bila Anda melamar menggunakan agen perekrutan, meraka hampir pasti akan meminta Anda meringkas CV (itu kelebihan bila melamar melalui agen). Mereka sangat tahu bahwa CV yang terlalu panjang peluangnya kecil untuk diproses lebih lanjut.

Dalam artikel lain saya sering menyampaikan tentang pentingnya desain curriculum vitae yang menarik. Tapi, bila CV Anda dikembalikan, saya yakin penyebabnya bukan tentang penampilannya, karena mereka sudah tertarik kepada CV Anda. Penyebabnya pasti tentang konten. Karena itulah dalam membuat curriculum vitae jangan hanya fokus pada desain. Desain yang menarik hanya bertugas memenangkan kompetisi menarik perhatian petugas penyeleksi curriculum vitae, selebihnya adalah tugas isi yang berkualitas.

Bila petugas penyeleksi sudah tertarik pada curriculum vitae Anda, namun mengalami kesulitan memahami isinya, maka kemungkinan yang akan terjadi ada dua : CV Anda hanya diarsip saja yang berarti Anda ditolak atau dikembalikan untuk diperbaiki yang berarti Anda punya peluang yang besar.
Karena itulah saya mengucapkan :

SELAMAT...CV ANDA DITOLAK...!