Article

Cara Mengirim Surat Lamaran Lewat Email # 1



Ada saran dari seorang teman untuk memberikan panduan bagaimana cara Mengirim Surat Lamaran Lewat Email.

Ya, sekarang ini, sudah sangat umum perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan meminta para kandidat yang ingin melamar posisi pekerjaan yang ditawarkan melalui email.  Sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana mengirim surat lamaran lewat email yang baik, akibatnya alih-alih dipanggil untuk wawancara malah emailnya begitu diterima langsung dihapus karena tidak bisa dibaca atau berantakan isinya.  Nah bagaimana caranya agar surat lamaran yang anda kirim lewat email “bisa tiba dengan selamat” pada alamat yang dituju, simak beberapa tips berikut.

 Pertama, Pastikan perintah format surat lamaran yang diminta, apakah dalam bentuk lampiran atau langsung ditulis pada “badan email” atau bahkan telah disiapkan form khusus yang harus anda isi. Jika diminta mengirim surat lamaran dalam bentuk lampiran, maka format dokumen standar yang biasa diminta adalah .PDF, .DOC, .DOCX atau RTF. (Cara membuat dokumen dalam bentuk PDF atau lainnya akan dibahas di artikel berikutnya)

 Kedua, jika anda diminta atau diperbolehkan mengirimkan surat lamaran pada “badan email” – maka ada baiknya anda membuat konsepnya di program pengolah kata seperti MS Word, memakai Libre/Open Office atau WPS. Setelah anda yakin sudah siap dikirim maka anda tinggal menyalin (copy) dan menempelkannya (paste) pada badan email

Catatan:

Ketika anda melakukan copy-paste surat lamaran pada “badan email” – bisa jadi hasilnya tata letaknya berantakan tidak seperti yang ada pada program pengolah kata anda.

Saran :
  1. Tulislah surat lamaran tersebut dalam tanpa berbagai format misalnya: huruf tebal, miring atau bahkan warna (perhatikan Gambar # 1) – karena hal ini akan meminimalisir surat lamaran anda jadi berantakan, karena belum tentu email penerima bisa membaca berbagai macam format tadi.
  2. Jika harus melakukan berbagai macam format tadi (huruf tebal, miring dan warna – Lihat Gambar # 2) maka PASTIKAN anda mencoba mengirim email tersebut kepada email anda sendiri dan lihat hasilnya, apakah berantakan atau tidak. Disarankan juga, mencoba mengirimkan surat tadi ke email anda yang lain, misalnya, anda punya akun email pada Yahoo, dikirimkan pada email anda yang di Gmail