Article

Surat Lamaran Yang Baik dan Benar

Banyak sekali para fresh graduate (baru lulus) – yang mencari informasi bagaimana menulis surat lamaran yang baik dan benar. Pada dasarnya tidak ada pedoman yang baku bagaimana menulis surat lamaran yang baik dan benar. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar Surat Lamaran Kerja anda bisa efektif dan menarik bagi calon bos anda.

Beberapa Hal untuk Menulis Surat Lamaran yang Baik :

  1. Greeting atau salam, sebelum anda melamar pastikan anda sudah melakukan riset tentang perusahaan kemana anda akan melayangkan surat lamaran. Yang terpenting lagi adalah, anda mengetahui kepada siapa sampaikan surat lamaran itu, jadi akan lebih baik jika anda menulis Kepada Bapak Agung Manager HRD PT INXS – daripada hanya Kepada Manager HRD PT INXS 
  2. Intro atau pembukaan, pada model surat lamaran kerja yang lama biasanya pelamar akan membuat kalimat pembuka seperti ini, “Bersama surat ini saya mengajukan diri sebagai….. “ atau “Saya tertarik dengan lowongan pekerjaan yang anda….” – akan lebih baik lagi jika anda menulis “Apa yang bisa anda lakukan untuk memberikan kontribusi pada perusahaan dengan anda diterima sebagaimana posisi yang mereka tawarkan. 
  3.  Career Objective, yaitu posisi pekerjaan yang akan anda lamar. Pastikan anda mengetahui job description atau uraian tugas dari posisi yang akan anda lamar. 
  4.  Related skills and experiences, setelah anda tahu job desc dari pekerjaan yang hendak anda lamar, pastikan anda mencantumkan keahlian dan pengalaman kerja serta prestasi/pencapaian (achievements) yang anda punyai yang berkaitan / relevan dengan pekerjaan tersebut. Jadi jangan sekali-kali melamar sebagai akuntan tetapi anda menonjolkan keahlian anda di bidang rekayasa mesin atau desain grafis 
  5. Closing atau Penutup, buatlah ringkasan dari apa yang anda sampaikan dan tawaran untuk menghubungi anda melalui media yang anda punya; telepon, email atau lainnya.


Demian tips menulis surat lamaran yang baik dan benar.