Article

Membuat Curriculum Vitae - Mengenal Jenis-jenis CV

Langkah awal dalam membuat sebuah curriculum vitae adalah memahami dan mengenal apa itu curriculum vitae. Banyak para pencari kerja, baik sarjana yang baru lulus (fresh graduate) maupun yang sudah berpengalaman (career changer) tidak memahami dan mengenal curriculum vitae, sehingga kurang maksimal mendapatkan manfaatnya. 

Curriculum Vitae diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi daftar riwayat hidup. 
Pada gaya lama atau konservatif ada tiga jenis struktur curriculum vitae

1. Chronological CV

CV jenis ini ditulis dengan mengurutkan riwayat pendidikan yang kemudian dilanjutkan dengan riwayat pekerjaan. CV seperti ini biasanya digunakan oleh pekerja yang memiliki banyak pengalaman baik pengalaman kerja, pendidikan/pelatihan, maupun organisasi. 

2. Functional CV 

CV jenis ini ditulis dengan menekankan pada keunggulan yang dimiliki, baik keahlian, kualifikasi maupun prestasi-prestasi yang pernah dicapai. 

3. Combination CV 

Adalah kombinasi antara chronological dengan functional CV. Pada awal ditulis keunggulan-keunggulan yang dimiliki, baru diikuti urutan riwayat pendidikan dan pekerjaan. 

Tiga gaya lama ini ternyata kurang efektif karena menghasilkan CV berlembar-lembar. Padahal CV yang terlalu panjang sangat berpotensi diabaikan oleh perusahaan. 

Penyebab utama tiga gaya CV lama ini menjadi tidak efektif adalah karena tidak berorientasi pada pekerjaan yang dibidik. Pola pikir lama, yang ternyata masih banyak digunakan oleh para pencari kerja, adalah membuat satu CV yang digandakan banyak dan dikirim ke sebanyak-banyaknya perusahaan tanpa kejelasan posisi yang dibidik. 

Mereka beranggapan semakin banyak CV yang dikirimkan ke banyak perusahaan semakin besar peluang diterima kerja.

Lalu, CV bagaimana yang efektif?

Sesuatu yang efektif adalah yang berorientasi pada tujuan dan manfaat. Hanya ada dua jenis struktur CV yang efektif : 

1. CV Berdasarkan Ketentuan

CV jenis ini strukturnya sudah ditentukan oleh perusahaan atau instansi yang menyediakan lowongan posisi pekerjaan. Biasanya CV jenis ini digunakan untuk melamar sebagai PNS (pegawai negeri sipil), militer, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), atau perusahaan-perusahaan konservatif yang sudah memiliki dan menentukan bentuk baku curriculum vitae. Biasanya juga form (atau blanko) sudah disediakan, tinggal mengisinya. 

2. CV Berdasarkan Tujuan. 

CV jenis ini sangat tergantung tujuan, perusahaan yang dituju maupun bidang kerja yang dibidik. Segala hal yang tidak berhubungan dengan tujuan tidak perlu ditulis dalam CV ini. Karena itu, untuk membuat CV haruslah memiliki tujuan yang jelas. Harus memiliki informasi yang cukup tentang tujuan. 

Jenis struktur CV yang pertama, CV berdasarkan ketentuan, tidak akan kami bahas karena sangat mudah, tinggal mengikuti aturan, tinggal mengisi kolom-kolom pertanyaan. 

Secara bertahap kami akan mengupas jenis struktur CV berdasarkan tujuan. 

Materi berikutnya adalah tentang data-data apa saja yang harus dimiliki untuk membuat curriculum vitae?