Article

Membuat Curriculum Vitae - Menyiapkan Data


Hal awal yang harus dilakukan dalam membuat curriculum vitae adalah menyiapkan data.

Ada yang bilang bahwa curriculum vitae hanyalah sebuah kumpulan data dari seseorang. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, meskipun juga kurang tepat. Bila mengikuti terus postingan artikel di penuliscvprofesional.com akan Anda pahami kekeliruan pendapat tersebut.

Data apa yang harus disiapkan?

Yang pertama adalah data tentang diri Anda. Dapatkan selengkap mungkin, sebanyak mungkin, sedetil mungkin  data tentang diri Anda sebelum mulai membuat curriculum vitae. Ibarat memasak, data diri adalah bahan baku membuat curriculum vitae. Untuk membuat masakan yang lezat Anda tidak bisa melakukannya sambil mencari bahan yang diperlukan, Anda harus menyiapkan bahan-bahan selengkap mungkin sebelum memasak.

Berdasarkan waktu, ada dua jenis data tentang Anda :

1.      Data masa lalu.
Data tentang masa lalu adalah data terbanyak yang harus disiapkan, baik yang tertuang dalam sebuah dokumen resmi maupun yang ada dalam ingatan. Semua data itu harus ditulis ulang.

2.    Data masa depan.
Yang dimaksud data masa depan adalah segala hal yang ada di benak Anda tentang masa depan, seperti keinginan, tujuan, harapan, impian, dan lain-lain. Semua itu juga juga harus dituangkan dalam tulisan. Data masa depan, meskipun jumlahnya tidak sebanyak data masa lalu, sangatlah penting karena sangat dibutuhkan untuk menyiapkan data-data selanjutnya.

Sekali lagi kami tegaskan : semua data harus ditulis ulang, karena langkah selanjutnya adalah mengelompokkan data-data tersebut. Anda akan sangat sulit mengelompokkan data yang hanya ada dalam ingatan.

Kelompokkan data yang memiliki keterkaitan, atau saling mendukung, antara masa lalu dengan masa depan. Anda pasti memiliki lebih dari satu jenis pengalaman, lebih dari satu jenis kemampuan, lebih dari satu keinginan. Kemampuan yang Anda dapatkan di sekolah sangat mungkin berbeda dengan kemampuan karena minat atau hobi. Kelompokkan data yang memiliki keterkaitan dari masa lalu maupun masa depan. Tulis ulang data-data tersebut berdasarkan kelompoknya.

Dengan data yang sudah dikelompokkan pasti  lebih mudah menentukan bidang kerja dan perusahaan yang akan Anda tuju. Maka, selanjutnya carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan atau bidang kerja yang Anda inginkan. Semua data tentang perusahaan atau bidang kerja kaitkan dengan kelompok-kelompok data yang sudah Anda miliki.

Sebagai catatan, tiap data bisa digunakan di lebih dari satu kelompok data. Juga dimungkinkan untuk melakukan perpindahan data ke kelompok data yang lain, atau ditambahkan ke kelompok data lain, sesuai kebutuhan.

Sekarang Anda sudah memiliki beberapa kelompok data yang menjadi bahan terbaik untuk membuat curriculum vitae.