Article

Proses Make Over Design Special Curriculum Vitae

Sudah seharusnya seorang Job Hunter atau Career Changer berusaha maksimal memiliki sebuah curriculum vitae yang terbaik, dari sisi penampilan maupun isi.

Untuk mengetahui segala keunggulan yang dituangkan dalam curriculum vitae petugas HRD haruslah membaca CV tersebut, maka curriculum vitae haruslah membuat petugas HRD tersebut tertarik membacanya.

Bila penampilan curriculum vitae kurang menarik, maka besar kemungkinan hanya dibaca sepintas untuk proses filing kemudian dimasukkan kotak, atau disimpan di folder komputer. Maka sia-sialah segala keunggulan dan selling point yang ada di dalamnya.

Ada juga kemungkinan petugas HRD berusaha membaca semua curriculum vitae yang masuk dengan seksama, meskipun membutuhkan waktu yang lama dan energi yang besar. Saat pagi, saat petugas HRD masih segar dan berenergi, mereka akan cenderung memilih membaca curriculum vitae yang menarik. Saat beranjak sore, saat konsentrasi mereka sudah mulai menurun, barulah membaca curriculum vitae yang tersisa. Suasana hati petugas HRD saat membaca curriculum vitae sangatlah mempengaruhi keputusannya. Petugas HRD juga manusia biasa, yang menyukai keindahan, bisa lelah, dan membutuhkan hiburan.

Curriculum vitae yang indah, yang menarik, yang dibuat dengan sungguh-sungguh, akan juga menjadi sarana hiburan bagi petugas HRD, sehingga mempengaruhi suasana hatinya menjadi lebih positif.

Kami di PenulisCVProfesional.com siap membantu para Job Hunter maupun Career Changer agar mampu memiliki curriculum vitae yang terbaik. Kami akan membuatkan curriculum vitae yang menarik sekaligus berisi kalimat-kalimat yang menguatkan selling point sehingga memiliki daya persuasif.

Berikut beberapa contoh proses make over curriculum vitae yang mengubah dari biasa-biasa saja menjadi special - unik dan istimewa.

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Pada contoh pertama ini adalah contoh klasik. Isi curriculum vitae dua halaman ini sudah bagus mengandung banyak selling point. Namun bila disajikan dengan cara yang biasa, dengan informasi penting sebegitu banyak, kemungkinan besar tidak bisa membuat petugas HRD dengan gembira membacanya. Dengan tetap mempertahankan ukuran dan jenis font, curriculum vitae ini bisa dibuat menjadi hanya satu halaman saja. Curriculum vitae menjadi lebih menarik dengan memainkan warna dasar.

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae
Contoh kedua mirip dengan contoh pertama. Kali ini curriculum vitae sudah tidak terlalu monoton, karena sudah menggunakan warna-warna yang menarik. Tata letak informasi juga sudah lebih menarik dan nyaman dibaca. Dan kami masih bisa membuat curriculum vitae ini menjadi lebih efektif dan menarik. Curriculum vitae ini kami tata ulang sehingga yang awalnya dua halaman bisa menjadi hanya satu halaman. Penggunaan warna juga kami optimalkan, sehingga terlihat lebih menarik.

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae
Pada contoh ketiga, beda dengan contoh pertama dan kedua. Bila pada contoh pertama dan kedua kami berusaha mengefektifkan tata letak informasi sehingga dari dua halaman bisa menjadi hanya satu halaman, pada contoh ketiga ini kami berusaha membuat tampilan menjadi lebih proporsional dengan mengoptimalkan sisa ruang.
Sebenarnya curriculum vitae ini sudah cukup bagus dengan hanya satu halaman dan adanya warna-warna yang menarik. Namun, tampak sisa ruang yang tidak terpakai membuat curriculum vitae ini menjadi kurang proporsional. Kami tata ulang layout informasi pada curriculum vitae ini, tanpa mengubah jenis dan ukuran font, sehingga menjadi lebih proporsional. Warna-warna yang sebleumnya sudah digunakan kami maksimalkan, tanpa menambah warna baru, sehingga curriculum vitae menjadi lebih menarik.

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae
Pada contoh keempat, kepadatan datanya mirip dengan contoh pertama. Kali ini kami akan berusaha melakukan make over curriculum vitae dengan tanpa menggunakan warna-warna yang mencolok, kami hanya akan menggunakan warna-warna netral.
Kali ini kami akan melakukan dua macam make over, mengubah menjadi satu halaman dan tetap dalam dua halaman.
Untuk mengubah menjadi satu halaman, kami hanya melakukan tata ulang layout tanpa mengubah jenis dan ukuran font. Ruang yang tersedia kami maksimalkan diisi oleh data yang padat. Penggunaan warna abu-abu (gelap dan terang) kami gunakan agar data/informasi yang padat bisa dibaca dengan nyaman.Memang, akhirnya, penampilan curriculum vitae jadi terasa 'penuh' , namun tetap nyaman dibaca. Penampilan yang terasa 'penuh' bagi sebagian orang tidak menarik, karena itu kami melakukan make over macam kedua.
Pada macam kedua make over curriculum vitae ini hasilnya tetap jadi dua halaman. Layout kami ubah menjadi lebih menarik. Warna abu-abu (terang dan gelap) selain untuk memudahkan membaca juga kami maksimalkan untuk 'menghias' penampilan curriculum vitae.

Itulah 5 contoh proses dan hasil make over curriculum vitae yang kami lakukan. Siapapun Anda, seorang job hunter pemula atau career changer berpengalaman, harus memiliki curriculum vitae yang terbaik. Kami ada untuk membantu Anda. Silakan email ke penuliscvpro@gmail.com atau WA +62 81 555 88 2600.