Article

7 Desain Curriculum Vitae Unik yang Menarik


Saat melamar kerja Anda sebenarnya sedang mengikuti suatu proses kompetisi, persaingan, perlombaan. Agar berhasil diterima menjadi karyawan, dalam tingkat posisi apapun, Anda harus mengalahkan peserta lain. Anda harus menjadi yang terbaik.
Hanya orang yang kurang berpikir (kata pengganti lebih halus untuk kata bodoh) yang nekat mengikuti perlombaan tanpa persiapan apapun, tidak berusaha menunjukkan kemampuan yang terbaik. 
Karena merupakan sebuah proses kompetisi, dalam proses rekrutmen juga terdapat seleksi secara bertahap. Seleksi awal adalah seleksi curriculum vitae. Dan...seringkali terjadi...sebelum masuk seleksi isi dari curriculum vitae, terjadi seleksi penampilan curriculum vitae. Proses seleksi penampilan curriculum vitae ini bukan  proses resmi, tapi alami atau manusiawi. Semua orang suka yang indah. Semua orang tertarik pada yang unik.

Petugas rekrutmen harus membaca semua surat lamaran yang masuk, harus memeriksa semua curriculum vitae yang masuk secara adil. Tapi mereka adalah manusia, bukan mesin. Meskipun berusaha membaca semua curriculum vitae, mereka tidak bisa menghindari perbedaan tingkat konsentrasi atau fokus saat memeriksa setiap curriculum vitae. Mereka akan lebih tinggi fokusnya saat membaca curriculum vitae yang membuat mereka nyaman. Mereka akan lebih tertarik membaca  curriculum vitae yang unik dan menarik. Disadari maupun tidak.

Dengan kualitas isi yang sama, penampilan curriculum vitae yang lebih menarik akan dibaca lebih seksama. Seandainya ada lebih dari sepuluh curriculum vitae dengan isi yang sama untuk kualifikasi, kompetensi, atau potensi, sedangkan hanya lima yang dipilih, maka penampilan curriculum vitae yang jadi bahan pertimbangan. Bahkan sangat mungkin, curriculum vitae Anda dikalahkan oleh curriculum vitae yang lebih menarik meskipun kompetensi pemiliknya lebih rendah dari Anda.

Beda dengan mesin, manusia tidak bisa obyektif seratus persen. Emosi dan kenyamanan hati selalu mempengaruhi. Penampilan curriculum vitae akan mempengaruhi perasaan petugas penyeleksi surat lamaran dan curriculum vitae.

Berikut 7 Curiculum Vitae Unik yang menarik :






1.     Blog Style
Jasa Desain CV Profesional

Desain curriculum vitae ini penampilannya seperti halaman muka blog. Sederhana tapi menarik, nyaman dilihat. Zaman sekarang, zaman blog, banyak orang yang terbiasa membaca blog. Banyak orang yang familiar dengan halaman muka blog.

2.   Blue Simple
Jasa Desain CV Profesional

Desain curriculum vitae ini mirip dengan desain-desain CV seri elegant bold, tapi lebih luwes dengan pemilihan font dan penambahan gambar-gambar icon.

3.   Colorize Simple
Jasa Desain CV Profesional

Desain curriculum vitae ini menarik karena memainkan warna-warna, sehingga terasa lebih segar dan ceria, meskipun sederhana.

4.   Block Colorize
Jasa Desain CV Profesional

Pada desain CV ini warna-warna lebih dominan. Curriculum vitae ini akan terlihat mencolok di antara CV-CV lain yang pucat dan datar.

5.    Skill Center
Jasa Desain CV Profesional

Desain CV ini juga memainkan warna untuk terlihat  menarik. Dengan pengaturan kolom yang unik curriculum vitae ini ingin menonjolkan info-info yang mengandung selling point, terutama keterampilan (skill)

6.   Shape Interactive
Jasa Desain CV Profesional

Selain menggunakan warna-warna agar menarik, desain CV ini juga memainkan shape yang interaktif dalam menampilkan informasi-informasi yang mengandung selling point.

7.    Green Active
Jasa Desain CV Profesional

Desain CV ini menggunakan shape secara kreatif untuk menyampaikan informasi-informasi. Warna dominan hijau membuat curriculum vitae ini terasa teduh dan nyaman dibaca. Tenang namun aktif.

Semua desain curriculum vitae ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Word 2010. Meskipun bisa disimpan dalam versi yang lebih rendah (Microsoft Word 97-2003) tapi penampilannya tidak bisa maksimal.

Kita bersama sepakat bahwa isi curriculum vitae lebih penting dari penampilannya. Tapi juga tidak bisa diingkari bahwa kesan pertama sangatlah menentukan. Karena itu, kenapa tidak...Anda yang sudah memiliki kualifikasi, kompetensi, dan potensi yang luar biasa, mengubah penampilan Curriculum vitae menjadi lebih unik dan menarik.